Talkshow Harta Tahta dan Wanita di Wedding Batak Exhibition 2024

Talkshow Harta Tahta dan Wanita di Wedding Batak Exhibition 2024

Ketika jodoh sudah didepan mata sudah saatnya melanjutnykan ke jenjang lebih serius. Mulai deh mencari-cari informasi untuk menuju hari berdasarkan pengalaman dari kanan kiri saya, Sebagian ada yang mencari info sendiri dan Sebagian lagi datang ke pameran khusus wedding yang biasa disatu tempat nanti para pengunjung bisa langsung mencari vendor yang diinginkan dan disesuaikan dengan budget yang ada.

Dan umumnya pameran wedding rata-rata bertema ke umum atau internasional, masih jarang untuk spesifik daerah yang ada di Indonesia memang bisa dibilang jarang apalagi untuk pernikahan Batak.
Dan ketika ada penyelenggara yang mengadakan pameran wedding batak saya berpikir momen ini momen langka karena selama ini memang jarang.

Wedding Batak Exhibition 2024,

Bagi saya yang bukan keturunan Batak adanya pameran Wedding Batak Exibition  mengetahui informasi budaya dari suku lain di Indonesia menjadi hal yang menarik. Acara ini diselengarakan di Gedung  SMESCO, Jakarta pd tanggal 7-8 September 2024 ,


Dari dua hari pelaksanaan saya hadir ketika Sabtu , Kesan pertama ketika  tiba didepan acara, saaa  langsung terkesima dengan para penyambut yang berdiri didepan pintu masuk Smesco dan sebelum masuk ke area pameran.

Konsepnya memang berbeda dan harap maklum karena saya selama ini belum pernah datang ke acara resepsi Batak. Ditempat para pengunjung juga bisa berfoto di booth foto  Sebelum masuk ke area pameran didepan saya melihat pajangan dari baju daerah dan songket-songket yang disusun rapi. Para pengunjung juga bisa berfoto diantara songket itu karena dipermanis juga dengan dekorasi bunga dikanan kiri songket.

Setelah memasuki area pameran, saya melihat banyak sekali stan yang wajib dikunjungi,  Sedang di stafe utama para pengunjung bisa duduk dan melihat pembukaan pameran dan penari khas Batak.,

Senangnya bisa melihat penampilan   persembahan dari anjugan TMII Sumutaera Utara. Jujur saya baru melihat tarian ini dengan model baju adat yang beragam,

Selama acara berlangsung tersedia berbagai booth mulai dari makanan franchise terkenal yang bisa dipesan untuk resepsi , kecantikan , souvenir, undangan WO atau juga catering

Setelah dilakukan oleh panita, lanjut talkshow bertema “ Harta, Tahta. Wanita” dengan sudur pandang oleh keluarga Batak sejauhmana peran Wanita dalam keluarga Batak.
Sebagai narasumber hadir Ina Rachman seorang praktisi dibidang keuangan yang telah pengalaman
Founder Maestro Law Office, sebuah firma hukum perusahaan yang memiliki klien multinasional dan khusus menangani kasus² penjualan langsung.
Ditemani dengan Martha Simanjuntak yang juga sahabat dari mba Ina . Keduanya membnjelskan pandangan dan pengalaman mereka terkait hukum waris dan adat istiadat didalam Batak.
Menurut say aini menjadi ilmu yang bagus karena saya baru tau mengenai pas saat talkshow

Beruntung saya pas acara duduk disebelah ada ibu-ibu yang sudah berumur jadi saya bisa diberi masukan lagi setelah memdengarkan dari perbincangan narasumber dan kak Martha.. Seperti wanita tidak ada hak waris dikeluarga Batak.

Inang bercerita juga mengenai pengalaman dikeluarga dia dan ketika didalam keluarga Batak kenapa iorang tuanya memegang peranan penting ketika pendidikan walau keluarga miskin tapi untuk pendidiakan nomor .

Diskusi kak Ina dan Kak Martha mengalir sehingga audiensi banyak bertanya  dan setiap pertanyaan dijawab dengan seksama.. Melihat dan mendengarkan acara ini menjadi hal yang baru yang tidak terlupakan karena saya bisa mengenal budaya lain lagi selain budaya Jawa. keanekaragaman suku di Indonesia sehingga kita sebagai warga Indonesai mesti menduung pelestarian budaya . syukur-syukur bisa menambah cinta ke Indonesia yang seperti slogannya wonderful Indonesia.

About The Author

Leave Comment